Teknologi satelit merupakan alat yang memiliki kemampuan untuk…

Teknologi satelit merupakan alat yang memiliki kemampuan untuk menyajikan dan menyampaikan bermacam-macam informasi sistem telekomunikasi di seluruh belahan dunia. Dilihat dari jarak ribuan kilometer pada suatu tempat, teknologi ini dapat menyiarkan berbagai macam siaran dari dan hampir ke seluruh tempat di permukaan bumi ini. Seperti siaran di televisi dapat dipancarkan secara cepat ke tempat-tempat terpencil di permukaan bumi, hanya dengan menyediakan stasiun bumi ke sekeliling daerah yang berada di dalam cakupan satelit tersebut.

Pengiriman informasi melalui siaran televisi baik domestik maupun internasional tidak dapat dilaksanakan apabila menggunakan sistem kabel atau gelombang mikro. Dimana jarak yang ditempuh dari satu lokasi ke lokasi lain sangatlah jauh. Tidak hanya jarak, hambatan fisik juga merupakan salah satu tantangan dari pengiriman informasi ini. Hambatan fisik yang dimaksud antara lain kawasan pegunungan atau perairan, dimana kawasan seperti itu jaraknya sangatlah jauh sampai beribu-ribu kilometer. Sehingga penggunaan dari satelit ini sangatlah dibutuhkan guna menjangkau wilayang-wilayah yang sulit seperti itu. Karena pengiriman informasi dapat berjalan dengan mudah tanpa dipengaruhi oleh kawasan-kawasan yang sulit untuk dijangkau. Jadi kita dapat memperoleh berita-berita dunia yang terbaru seperti halnya pertandingan sepak bola dan lain-lain. Cara kerja dari satelit ini menggunakan sinyal gelombang eletromagnetik tetap yang bebas keluar dan masuk setiap rumah pada bagian manapun di seluruh permukaan bumi.

Satelit merupakan benda yang mengorbit benda lain dengan periode revolusi dan rotasi tertentu. Satelit bekerja selama 24 jam penuh. Satelit disini terdapat dua macam yakni satelit alam dan satelit buatan. Satelit alam memiliki ukuran yang beraneka ragam dan dapat mengitari Primary Celestial Bodies. Satelit alam adalah benda-benda luar angkasa bukan buatan manusia yang mengorbit sebuah planet atau benda lainnya yang lebih besar daripada dirinya sendiri. salah satu contohnya seperti bulan, bulan merupakan satelit alami bumi. Selain itu juga berlaku untuk planet yang mengelilingi sebuah bintang atau juga bisa sebuah bintang yang mengelilingi pusat galaksi. Sebenarnya pada bumi ini sendiri merupakan satelit alami pada matahari. Tetapi untuk bintang yang mengelilingi galaksi itu jarang digunakan atau terjadi. Terdapat lima satelit alami terbesar yang pernah ditemukan oleh manusia adalah Jupiter (Ganymede, Callisto, Io), Saturnus (Titan), dan Bumi (Bulan).

Sedangkan jenis satelit kedua adalah satelit buatan. Satelit buatan manusia yang diluncurkan ke orbit sekeliling suatu Celestial Body seperti Bumi dan Bulan. Satelit buatan merupakan benda buatan manusia yang beredar mengelilingi benda lain misalnya satelit Palapa yang mengelilingi Bumi. Selain itu dapat dilihat dari adanya pesawat ruang angkasa yang terdapat pada orbit yang mengelilingi bumi. Bagian dari dalam pesawat ruang angkasa tersebut terdapat peralatan-peralatan penerima, penguat dan pemancar informasi berupa gelombang elektromagnetik. Gelombang tersebut mampu merelai atau memisahkan sinyal-sinyal di berbagai pelosok dari satu titik ke titik lain di bumi.

 

Maksud dari adanya sistem komunikasi satelit ini adalah supaya kebutuhan dari permintaan jasa telekomunikasi dari daerah-daerah terpencil dapat terpenuhi dengan baik. Seperti halnya televisi pada stasiun TVRI sudah dapat menjangkau wilayah-wilayah tersebut sehingga secara ekonomis dengan adanya kemampuan dari satelit ditentukan oleh keterbatasan dari jumalah stasiun bumi yang akan dibangun. Sembilan tahun yang lalu komunikasi intelsat telah mengoperasikan sistem komunikasi satelit komersial terbesar. Dilengkapi dengan 15 satelit di orbit Geostasioner, orbit tersebut menghubungkan lebih dari 170 negara di seluruh dunia sehingga lebih dari 700 stasiun bumi dan ribuan link sistem gelombang mikro menerima jangkauannya.

Selain itu terdapat rencana-rencana yang dibuat untuk generasi berikutnya dari satelit komunikasi yang telah dirancang ini. Pesawat ruang angkasa tersebut akan diperbaiki desainnya dan membawa switching on-board yang lebih canggih. Semua itu direncanakan agar satelit tersebut dapat berpotensi dalam pengurangan biaya dalam membuat, menjalankan bahkan memelihara sistem komunikasi kita ini. Karena satelit sangat membutuhkan perawatan yang baik agar proses timbal balik pada komunikasi dapat berlangsung dengan baik.

Perkembangan teknologi yang terdapat pada satelit sangat membantu kita dalam mengubah sistem komunikasi yang sudah ada menjadi lebih cepat dari sebelumnya. Sehingga cara kerja komunikasi pun berjalan sangat berbeda dengan masa lalu yang sistemnya cenderung lebih sederhana. Proses penyampaian, penerimaan bahkan pertukaran informasi pun dapat berlangsung sangat cepat dan praktis yang menjangkau seluruh dunia. Intinya satelit telah memberikan set baru (alat komunikasi) yang dapat membantu berbagai proses komunikasi yang dilakukan oleh manusia.

 

Referensi :

http://id.wikipedia.org/wiki/Satelit

http://id.wikipedia.org/wiki/Satelit_alami

Buku The New Communication Technologies, Michael M.A. Mirabito & Barbara L. Morgenstern.