TIMELINE OF COMMUNICATION TECHNOLOGY

Pengertian Teknologi Komunikasi dan Informasi

Teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke perangklat lainnya. Teknologi komunikasi ini merupakan alat penambah kemampuan orang dalam berkomunikasi.

Seperti yang kita telah ketahui teknologi komunikasi erat kaitannya dengan teknologi informasi. Karena teknologi mencakup seluruh peralatan teknis yang digunakan untuk memproses dan menyampaikan informasi. Teknologi informasi sendiri merupakan suatu hasil yang diperoleh dari penggunaan teknologi yang membantu manusia dalam membuat, menyimpan atau menyebarkan suatu informasi.

 

Sejarah Teknologi Komunikasi

Diawali dengan penemuan telegram yang ditemukan oleh Samuel Thomas von Sommering pada tahun 1809. Lalu muncul penemuan baru yaitu telepon oleh Alexander Grahambell pada tahun 1876. Lalu teknologi komunikasi berkembang dari telepon menjadi jaringan komunikasi dengan menggunakan kabel.

Lalu teknologi telepon tersebut terus berkembang secara pesat sehingga munculah transmisi audio visual melalui siaran televisi pada tahun 1940. Setelah itu semakin berkembang dengan munculnya tv kabel pada tahun 1950-an di Amerika Serikat.

Dan seiring dengan berkembangnya waktu, pada tahun 1969 Departemen Pertahanan Amerika memutuskan untuk mengadakan riset kembali tentang bagaimana cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk sebuah jaringan. Semenjak dikembangkannya riset tersebut, munculah media internet yang merupakan media yang modern hingga saat ini.

 

Jenis-Jenis Teknologi Komunikasi

1. Telegram

Telegram adalah mesin atau alat yang digunakan untuk mengirim pesan jarak jauh. Kata telegram pada saat ini sering disebut sebagai telegram elektrik yang ditemukan oleh negara Amerika Serikat. Penggunaan telegram tersebut dikirimkan melalui operator telegraf atau telegrafer yang dihubungkan melalui kode morse. Biasanya sering disebut sebagai pesan kabel atau kawat.

2. Telepon

Telepon merupakan salah satu alat komunikasi yang dipergunakan untuk membantu manusia dalam menyampaikan pesan suara, terutama dalam bentuk pecakapan dengan orang lain. Pada dasarnya telepon beroperasi dengan menggunakan transmisi sinyal listrik dalam suatu jaringan telepon. Dengan adanya hal tersebut memungkinkan suatu komunikasi dapat terbentuk antar satu individu dengan individu lain.

3. Radio

Radio adalah alat komunikasi yang menggunakan gelombang elektromagnet atau berupa isyarat-isyarat radio yang dapat menghantarkan elektronik dari suatu tempat ke tempat lain tanpa menggunakan kawat. Dalam proses penggunaan radio, alat ini membutuhkan penghantar yang biasa disebut sebagai pemancar. Melalui bantuan pemancar inilah gelombang elektromagnetik dapat tersalurkan ke tempat lain.

4. Televisi dan Tv Kabel

Pada tahun 1920 Paul Nipkow menemukan sebuah piringan metal kecil yang berputar-putar didalamnya. Dan akhirnya terciptalah suatu sistem untuk penangkapan gambar, transmisi serta penerimaannya. Sistem tersebut dibuat berdasarkan sistem gerakan mekanik. Setelah televisi sudah menjadi barang elektronik yang hampir selalu ada di setiap rumah, maka munculah televisi kabel atau cable television. Ini adalah sistem penyiaran acara televisi lewat sinyal frekuensi radio yang ditransmisikan melalui serat optik yang tetap dan bukan lewat udara seperti siaran televisi biasa yang harus ditangkap antena.

Pada tahun 1972, sebuah sistem kabel dalam Wilkes-Barre, PA, dimulai dengan menawarkan sistem channel pay-per-view pertama kali. Mereka menamai servis baru ini dengan nama Home Box Service atau HBO.  Yang akhirnya sampai dengan sekarang bertambah terus sehingga jumlahnya mencapai 91 channel yang bisa dinikmati di seluruh dunia.

5. Satelit

Satelit merupakan teknologi komunikasi yang memiliki sistem yang canggih. Salah satu satelit yang dikembangkan oleh manusia untuk pertama kali adalah Sputnik 1, yang diluncurkan oleh soviet tepat pada tanggal 4 Oktober 1957. Satelit merupakan sebuah benda yang mengorbit benda lain dengan periode revolusi dan rotasi tertentu. Satelit komunikasi adalah satelit buatan yang dipasang di angkasa dengan tujuan telekomunikasi menggunakan radio pada frekuensi gelombang mikro.

 

6. Internet

Maksud dari internet adalah suatu jaringan komputer yang terhubung secara internasional dan jaringan tersebut tersebar di seluruh dunia. Semua jaringan pada komputer tersebut memungkinkan berbagai aplikasi yang dilaksanakan antar komputer dalam suatu jaringan internet berupa software dan hardware yang setidaknya dibutuhkan dalam pengerjaannya.

 

Dampak Teknologi Komunikasi

Dampak – dampak teknologi komunikasi, ada yang mengandung nilai positif dan negatif. Semua itu dapat di lihat dari kehidupan kita sehari-hari dalam menjalankan berbagai aktivitas yang didalamnya tidak terlepas dari adanya peran teknologi.

Beberapa dampak positifnya seperti :

–       Kita  dipermudah pada layanan bank, sekarang kita tidak perlu repot-repot ke bank apabila ingin melakukan transaksi.

–       Kita dapat menjadi lebih cepat dan efisien dalam mendapatkan berbagai macam informasi yang akurat dan terpercaya di bagian bumi manapun dengan menggunakan internet.

–       Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, hal itu dapat mempermudah guru dan mahasiswa dalam proses pembelajaran, dll.

Beberapa dampak negatifnya seperti :

–       Terdapat beberapa teknologi komunikasi yang juga bisa merusak kesehatan bagi pengguna, jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama.

–       Dalam penggunaan informasi dan situs tertentu pada internet, terkadang bisa disalahgunakan oleh pihak tertentu untuk tujuan tertentu

–       Pola interaksi antar manusia menjadi berubah, hal itu diakibatkan timbulnya internet yang mempermudah manusia dalam berinteraksi dengan makhluk sosial yang lainnya. Misalnya dengan chatting membuat orang  menjadi asyik dengan kehidupannya sendiri, dll.

 

Kesimpulan

Pada prinsipnya teknologi ini berkembang dan terus menunjukkan kekuatannya dari zaman ke zaman untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia, agar dalam kehidupannya dapat lebih dipermudah dalam hal berkomunikasi ataupun melakukan berbagai aktivitas yang lainnya. Teknologi komunikasi ini dimulai dari alat-alat yang sederhana hingga menjadi modern. Alat sederhana tersebut yaitu berupa telegram dan terus mengalami perkembangan hingga pada saat ini yaitu dengan dikembangkannya media internet. Pastinya semua itu melewati proses perubahan dan berkembang secara terus menerus, serta hingga pada zaman sekarang pun masih belum menemui titik jenuhnya. Karena perkembangan teknologi tidak akan mengalami pemberhentian atau berjalan ditempat saja. Sehingga manusia sebagai makhluk sosial tidak dapat lepas dari peran teknologi komunikasi tersebut.