SISTEM OPERASI ANDROID

TUGAS INDIVIDU -PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI
Nama : Stephanie Evania
NIM : 1301013676
Kelas : 04 PBO

 

SISTEM OPERASI ANDROID

 

– LATAR BELAKANG –

 

 

 

 

 

 

Perkembangan teknologi semakin berjalan dengan pesat dengan adanya sistem operasi yang dibuat oleh google. Sistem tersebut bernama ANDROID, sistem ini sudah mulai dikenal oleh banyak kalangan masyarakat. Bahkan hampir semua vendor alat telekomunikasi siap untuk mengadopsi teknologi yang canggih ini terutama vendor-vendor ponsel.

“ Pada dua sampai tiga tahun terakhir ini sistem android dapat menduduki posisi yang baik untuk menjadi tingkat atas dalam smartphone,” kata Neil Mawton (dikutip dari reuters). Kemajuan yang dirasakan dapat dilihat dari kepercayaan pada setiap vendor – vendor smartphone yang mempercayai sistem ini dalam melengkapi ponselnya masing-masing. Hal itu dikarenakan sistem android ini merupakan salah satu pilihan yang baik bagi vendor-vendor smartphone. Dilihat dari biaya yang murah serta sifatnya yang opensource. Semua itu tidak hanya diperoleh begitu saja tetapi turut dilengkapi dengan berbagai layanan dari google itu sendiri.

Tetapi proses masuknya sistem ini tidak mudah melainkan memiliki kendala pada masalah trademark Android. Ternyata nama dari sistem tersebut sudah dipatenkan oleh perusahaan developer software dan aplikasi internet dengan nama Android Dara. Namun google tidak menyerah, ia tetap akan berusaha untuk merilis Android ke pasaran. Usaha google membuahkan hasil, tepat pada bulan September 2007 sistem ini masuk dalam pasaran dengan berbasis Linux yang diperuntukkan bagi ponsel dan mobile device.

 

A. SEJARAH ANDROID

Pada bulan Juli 2005, Google mengakuisi Android Inc dalam perusahaan startup yang berbasis di Palo Alto, California. Adapun beberapa orang yang bekerja di google yang terlibat dalam pembuatan OS tersebut antara lain Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White. Masing-masing dari mereka memiliki tugasnya tersendiri dalam menjalankan program pembangunan sistem Android.

Pada saat itu pengetahuan mereka akan Android masih terbatas, sehingga inc dari mereka membuat perangkat lunak untuk sebuah ponsel. Hal tersebut menimbulkan desas-desus bahwa google memiliki rencana untuk memasuki pasar untuk ponsel. Namun pada saat itu masih menjadikan pertanyaan, apa fungsi dari sistem tersebut akan masuk dalam pasar ponsel?

Tetapi semua itu menjadi jelas setelah timbulnya pengembangan platform perangkat mobile oleh tim yang dipimpin oleh Rubin dan didukung oleh Kernel Linux. Dengan adanya hal tersebut melaporkan bahwa google telah menjadi serangkaian komponen perangkat keras dan perangkat lunak serta memberi isyarat untuk mitra operator yang terbuka bagi tingkatan kerja sama dalam pihak mereka.

Rumor akan google ingin memasuki pasar ponsel semakin diperkuat pada bulan Desember 2006. Data tersebut diperoleh dari BBC dan The Wall Street Journal yang mencatat google berkeinginan bahwa ingin membuat pencarian dan aplikasi pada ponsel. Dari pihak google sudah bekerja sangat keras untuk mewujudkan keinginannya tersebut. Selain itu muncul pula rumor bahwa google akan mengembangkan handset yang bermerek google, data tersebut diperoleh dari cetak dan media online.

Tepat pada bulan September 2007, informasi mingguan memberi info yang sudah jelas adanya bahwa google telah mengajukan beberapa aplikasi yang paten dalam bidang ponsel. Dan akhirnya google berhasil meluncurkan smartphone Nexus pertama yang menggunakan sistem Android dalam pengoperasiannya. Perangkat tersebut diproduksi oleh pihak Taiwan HTC Corporation dan mulai tersedia sejak 5 Januari 2010.

Fitur – fitur yang dimuat dalam OS Android antara lain seperti handset layout, storage (penyimpanan), connectivity, messaging, web browser, java support, media support, multi touch dan masih banyak lagi. Itu semua dirancang sedemikian rupa demi memenuhi kebutuhan konsumen yang menggunakan sistem ini. Terdapat kelebihan-kelebihan yang terdapat dalam fitur-fitur tersebut yang dapat memudahkan dan menyamankan konsumen dalam penggunaanya.

 

B. VERSI OS ANDROID
OS Android memiliki beberapa versi yang berbeda, versi tersebut terus mengalami kenaikan dan memiliki cirinya sendiri. Berikut jenis-jenis OS Android berserta penjelasannya :
1. Android Versi 1.1

Google untuk pertama kali merilis Versi 1.1 pada 9 Maret 2009. Yang pada versi ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada setiap aplikaisnya, seperti jam alarm, pengirim pesan melalui Gmail, pencarian suara serta pemberitahuan email.

2. Android Versi 1.5 (Cupcake)


Google kembali merilis versi terbaru pada telepon selulernya dengan Android dan Software Development Kit pada Versi 1.5 (cupcake), tepat pada pertengahan Mei 2009. Yang pada versi ini ada pembaharuan dan penambahan pada beberapa fitur seperti kemampuan merekam dan menonton video. Selain itu juga dapat menggugah video di youtube, adanya kemampuan yang secara otomatis dapat terhubung dengan headset Bluetooth, animasi layar dan sebagainya.

3. Android Versi 1.6 (Donut)


Sedangkan Versi 1.6 (Donut) dirilis pada September 2009 dengan mengfokuskan pada penampilan dalam pencarian yang lebih baik dari sebelumnya. Pada versi ini terdapat fitur baru seperti galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus, kamera, camcorder dan galeri yang dintegrasikan, CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine, adanya kemampuan untuk dial kontak. Serta terdapat fitur yang tidak terdapat pada semua ponsel atara lain adalah text to change speech.

4. Android Versi 2.0/2.1 (Eclair)


Google kembali meluncurkan ponsel Android pada Versi 2.0 (Enclair) pada 3 Desember 2009. Perubahan yang dilakuakan yaitu dengan mengoptimalkan hardware, peningkatan pada Goodle Maps 3.1.2, daftar kontak yang baru, adanya dukungan dari HTML5, terdapt dukungan flash pada kamera 3,2 Mega Pixel serta digital zoom dan Bluetooth versi 2.1.

Selain itu Google juga mengadakan investasi dengan kompetisi bagi aplikasi mobile yang terbaik dengan menghadiahkan uang sebesar $25,000 bagi yang terpilih. Hal itu dilakukan oleh Google agar dapat bergerak dengan cepat dalam persaingan perangkat generasi berikutnya. Kemudian google juga mengalami perkembangan dan bertambahnya jumlah headset Android sehingga banyak dari pihak ke tiga yang berkeinginan untuk bekerja sama dalam mempercayai aplikasinya pada sistem Android tersebut. Salah satu aplikasi yang diubah ke dalam sistem Android adalah WeatherBug.

5. Android Versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)


Android Versi 2.2 (Froyo) dirilis pada 20 Mei 2010. Perubahan yang mendukung terhadap versi tersebut antara lain seperti adanya dukungan Adobe Flash10.1, kemampuan Wifi Hotspot Portable, kecepatan kinerja dan aplikasi dua sampai lima kali lebih cepat dari sebelumnya, adanya V8 JavaScript engine yang dipakai Google Chrome yang mempercepat kemampuan rendering pada browser, terdapat aplikasi dalam SD Card dan kemampuan pada aplikasi Android Market dalam auto update.

6. Android Versi 2.3 (Gingerbread)


Versi yang terbaru hingga saat ini adalah Android Versi 2.3 (Gingerbread) tepat pada 6 Desember 2010.perkembangan yang terdapap pada Versi ini antara lain seperti adanya kemampuan permainan, copy paste, dukungan format video VP8 dan webcam, dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu, mendesain ulang pada layar antar muka dan adanya efek media yang baru.

 

C. SISTEM OPERASI ANDROID DAN SISTEM OPERASI iPHONE


Sekarang – sekarang ini OS dari Google yaitu Android dan iOS (iPhone dan iPod Touch) sedang mengalami persaingan yang semakin lama semakin terasa adanya. Apabila kita mendengar kata iPhone, pasti sudah timbul dibenak kita bahwa iPhone adalah ponsel yang sangat canggih dan memiliki desain yang mewah. Tetapi semua itu akan mengalami perubahan sejak adanya OS Android yang sudah banyak digunakan pada vendor-vendor yang umumnya telah kita ketahui. Android sangat mengedepankan keluwesan dari konsumennya, hal itu dapat dilihat dari sistem yang bebas alias open source (siapapun boleh masuk). Berbeda dengan iOS yang masih terkunci atau memiliki sistem yang teratur sehingga menyebabkan konsumen menjadi tidak bebas untuk membongkar sistem dari iOS, terkecuali dilakukan jailbreak terlebih dahulu. Tentunya jailbreak ini bersifat illegal.

Dalam hal skema distribusi pun terdapat perbedaan pada kedua sistem tersebut. Android menunjuk pada vendor yang menjadi mitranya berbeda dengan Apple atau RIM yang menunjuk pada pemasok untuk mendistribusi ponselnya. Untuk perbedaan yang lebih jelas dapat dilihat pada link yang terdapat pada daftar pustaka-tabel perbedaan OS.

 

– KESIMPULAN --

Kesimpulan yang saya ambil mengenai sistem operasi ini adalah pengembangan dan perkembangannya yang sangat cepat dan terus bertempur dengan sistem lain di pasaran. Saya rasa tidak lama lagi sistem Android akan berada pada peringkat teratas. Bahkan saat ini pun, jumlah aplikasi yang telah beredar di Android Market telah mengalahkan beberapa Jumlah aplikasi dari OS yang lain. Namun semua itu membutuhkan proses dan pengerjaan yang tidak mudah. Kita ambil contoh salah satu pesaing Android yaitu iOS (sistem operasi pada iPhone dan iPod Touch) yang GUI (Graphic User Interface) serta aplikasinya untuk saat ini paling baik dibanding dengan vendor lainnya. Tetapi tidak menjadi kemungkinan bahwa sistem operasi Android kelak akan dapat menandingi dari iOS tersebut. Dapat dilihat dari sistem opensource pada Android sehingga membuat konsumen tidak merasa kesulitan dalam memasuki aplikasi yang dikehendakinya. Selain itu pada Android tidak memiliki banyak aturan, berbeda dengan iOS yang berjalan lebih teratur sehingga terdapat komitmen, misi, visi yang dibangun dengan mitranya (RIM).

Untuk saat ini pun, telah beredar rumor yang mengatakan bahwa system Android terbaru berseri 2.4 yang diberi label Ice Cream telah di rilis, tentunya dengan perbaikan-perbaikan dari seri sebelumnya. Dan untuk perkembangan ke depannya, Android ini tidak hanya merambah ke dunia ponsel saja. Tetapi telah merambah ke dunia Tablet. Untuk seri Tablet, Android memiliki seri khusus yaitu sistem operasi seri 3.0 berlabel Honeycomb. Oleh karena itu, tablet – tablet yang ber-OS Android Honeycomb pun dapat bersaing dengan rival mereka yaitu iPad yang ber-OS iOS dari Apple.

Menurut situs http://www.wired.co.uk, pada Mobile World Congress 2011 akan diluncurkan Xperia Play yang berbasis Android. Saat inilah yang ditunggu-tunggu para pencinta Playstation, karena Xperia Play merupakan Playstation pertama yang bersertifikat Android. Xperia Play ini tentu saja dapat memainkan game-game dari Playstation karena dilengkapi dengan Playstation Suite. Jadi, bila kita lihat dari segi prospek dari umur Android, kita dapat menarik kesimpulan bahwa masa depan Android sangatlah cerah.

 

 

– DAFTAR PUSTAKA --
Pendahuluan from http://kabarit.com/2009/05/android-sistem-operasi-ponsel-buatan-google/
Perbedaaan OS from http://chilem-iam.blogspot.com/2010/11/perbedaan-os-android-vs-os-iphone.html dan http://thenextweb.com/google/2010/04/09/iphone-40-android-os-apple-lost-game/
Sejarah Android from http://myblogmyown.wordpress.com/2010/03/08/sejarah-android-2/
Tabel PerbedaanOS from http://nur-arianto.blogspot.com/2010/11/perbandingan-mobile-os-iphone-40-vs.html
Versi Android from http://toelanksingo.wordpress.com/2010/11/10/jenis-jenis-os-android/